Dunia
pendidikan selalu berkembang seiring dengan berkembangnya dunia. Begitu juga
dengan sarana dan prasarana pendidikan semakin memadai dan semakin lengkap.
Jika dulu sekolah-sekolah menggunakan sarana yang seadanya, sekarang sudah
semakin lengkap. Sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal.
Demikian juga media yang dipakai dalam proses belajar mengajar semakin
kompleks.
Perkembangan
teknologi pada akhirnya juga merambah kepada dunia pendidikan. Banyak sekolah yang
sekarang memakai teknologi ini untuk memperlancar pembelajaran di sekolah.
Teknologi dalam pembelajaran bisa menjadi sarana pembelajaran, metode/media dan
sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Sebagai sarana teknologi merupakan
alat untuk memperlancar pembelajaran. Sebagai metode/media teknologi sebagai
inovator agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Sedangkan sebagai sumber
belajar tekonologi sebagai salah satu penyedia informasi bagi peserta didik.
Diantara banyaknya teknologi pembelajaran salah satunya adalah video/film. Sebagai salah satu media, video/fil merupakan salah satu tekonologi pembelajaran yang memiliki kelebihan yang cukup baik untuk pelaksanaan pembelajaran.
Diantara banyaknya teknologi pembelajaran salah satunya adalah video/film. Sebagai salah satu media, video/fil merupakan salah satu tekonologi pembelajaran yang memiliki kelebihan yang cukup baik untuk pelaksanaan pembelajaran.
Pentingnya
teknologi dan media di dalam proses belajar, sifat belajar dan berbagai jenis
pembelajaran. Peran para guru dan siswa jelas berubah-ubah karena adanya
pengaruh teknologi dalam ruang kelas. Guru dan buku teks tidak lagi menjadi
sumber seluruh informasi. Guru telah menjadi fasilitator pemerolehan informasi.
Dengan beberapa tombol keyboard, para pelajar bisa menjelajahi dunia,
memperoleh akses keperpustakaan, guru dan siswa lainnya, dan sumber daya untuk
memperoleh informasi yang mereka cari.
Sementara
inovasi-inovasi yang menarik ini menghadirkan cara-cara tak terbatas untuk
memperluas kesempatan pendidikan bagi siswa, selain itu juga menghadirkan
tantangan baru bagi guru.
Belakangan
ini ketika sebagian besar orang-orang mendengar kata teknologi, mereka
memikirkan benda-benda seperti computer, memutar mp3, dan pesawat ulang alik.
Kata teknologi selalu memiliki berbagai penafsiran, mulai dari sekadar peranti
keras hingga cara yang sistematis dalam menyelesaikan masalah. Namun pada bab
ini akan dibahas tentang teknologi pengajaran, yang merupakan pemanfaatan dan
pengetahuan spesifik dari perkakas dan keterampilan dalam pendidikan. Teknologi
pengajaran biasanya dipandang dari perspektif guru. Ketika guru menggunakan
computer peranti keras pendidikan jarak jauh, atau internet untuk mengajaran,
perkakas-perkakas tersebut dianggap sebagai teknologi pengajaran. Banyak
pendidik memperingatkan anggapan bahwa teknologi merupakan seluruh solusi di
dalam kelas. Computer dan teknologi lainnya tidak membuat guru menjadi lebih
bisa. Guru harus benar-benar berpengalaman dalam praktik-praktik terbaik dalam
kelas. Teknologi memiliki penerapan di seluruh bagian kurikulum.
No comments:
Post a Comment