PORSENI MA JATIM 2013

PORSENI MA JATIM 2013
PORSENI MA

Friday, September 28, 2012

TEKNOLOGI DAN MEDIA MEMUDAHKAN PEMBELAJARAN (Part I)

PART I
Dunia pendidikan selalu berkembang seiring dengan berkembangnya dunia. Begitu juga dengan sarana dan prasarana pendidikan semakin memadai dan semakin lengkap. Jika dulu sekolah-sekolah menggunakan sarana yang seadanya, sekarang sudah semakin lengkap. Sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal. Demikian juga media yang dipakai dalam proses belajar mengajar semakin kompleks.
Perkembangan teknologi pada akhirnya juga merambah kepada dunia pendidikan. Banyak sekolah yang sekarang memakai teknologi ini untuk memperlancar pembelajaran di sekolah. Teknologi dalam pembelajaran bisa menjadi sarana pembelajaran, metode/media dan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Sebagai sarana teknologi merupakan alat untuk memperlancar pembelajaran. Sebagai metode/media teknologi sebagai inovator agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Sedangkan sebagai sumber belajar tekonologi sebagai salah satu penyedia informasi bagi peserta didik.
Diantara banyaknya teknologi pembelajaran salah satunya adalah video/film. Sebagai salah satu media, video/fil merupakan salah satu tekonologi pembelajaran yang memiliki kelebihan yang cukup baik untuk pelaksanaan pembelajaran.
Pentingnya teknologi dan media di dalam proses belajar, sifat belajar dan berbagai jenis pembelajaran. Peran para guru dan siswa jelas berubah-ubah karena adanya pengaruh teknologi dalam ruang kelas. Guru dan buku teks tidak lagi menjadi sumber seluruh informasi. Guru telah menjadi fasilitator pemerolehan informasi. Dengan beberapa tombol keyboard, para pelajar bisa menjelajahi dunia, memperoleh akses keperpustakaan, guru dan siswa lainnya, dan sumber daya untuk memperoleh informasi yang mereka cari.
Sementara inovasi-inovasi yang menarik ini menghadirkan cara-cara tak terbatas untuk memperluas kesempatan pendidikan bagi siswa, selain itu juga menghadirkan tantangan baru bagi guru.
Belakangan ini ketika sebagian besar orang-orang mendengar kata teknologi, mereka memikirkan benda-benda seperti computer, memutar mp3, dan pesawat ulang alik. Kata teknologi selalu memiliki berbagai penafsiran, mulai dari sekadar peranti keras hingga cara yang sistematis dalam menyelesaikan masalah. Namun pada bab ini akan dibahas tentang teknologi pengajaran, yang merupakan pemanfaatan dan pengetahuan spesifik dari perkakas dan keterampilan dalam pendidikan. Teknologi pengajaran biasanya dipandang dari perspektif guru. Ketika guru menggunakan computer peranti keras pendidikan jarak jauh, atau internet untuk mengajaran, perkakas-perkakas tersebut dianggap sebagai teknologi pengajaran. Banyak pendidik memperingatkan anggapan bahwa teknologi merupakan seluruh solusi di dalam kelas. Computer dan teknologi lainnya tidak membuat guru menjadi lebih bisa. Guru harus benar-benar berpengalaman dalam praktik-praktik terbaik dalam kelas. Teknologi memiliki penerapan di seluruh bagian kurikulum.

No comments:

Post a Comment